Jumat, 11 November 2011

Do new technologies change how we access information?

 Do new technologies change how we access information? atau dalam bahasa Indonesia-nya adalah  Apakah teknologi baru mengubah cara kita mengakses informasi?, disini kita ingin mencari tahu apakah teknloogi merubah cara kita mengakses informasi, Sejak istilah apa yang disebut masyarakat informasi diperkenalkan pada tahun 1962, perdebatan ramai mengenai apa dan bagaimana dampak information society atau masyarakat informasi terus berlanjut sepanjang garis kontinum dengan berbagai dimensi yang berbeda. Secara umum, masyarakat informasi mengacu pada suatu masyarakat dimana produksi, distribusi, dan pengolahan informasi merupakan aktifitas utamanya (Anonimus, 2006).
Perkembangan peradaban manusia terasa begitu cepatnya, kita tentunya mengenal masyarakat primitif, pada era itu seseorang untuk mendapatkan suatu barang harus ditukar dengan barang lagi (barter), kemudian meningkat ke masyarakat agraris, kemudian masyarakat industri. Dari masyarakat indusri loncat ke masyarakat informasi (era informasi). Mengapa dikatakan loncat ke masyarakat informasi ? karena kita baru memulai melangkah ke masyarakat industri, era informasi sudah datang.
Dengan era informasi ini, semuanya menjadi serba yaitu serba murah, cepat, tepat, dan akurat. Teknologi Komunikasi mutaakhir telah menciptakan apa yang disebut “publik dunia”. Bersamaan dengan perkembangan teknologi komunikasi ini, meningkat pula kecemasan tentang efek media massa terhadap masyarakat (khalayak). Di era globalisasi saat ini media massa mempunyai peranan penting dalam membentuk pola hidup masyarakat. Media menjadi patokan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, terutama bagi masyarakat informasi, mereka dengan mudah dapat mengakses segala informasi yang mereka butuhkan.
Tapi dengan mudahnya informasi didapat sekarang ini membuat kita dengan mudah mendapat data yang kita mau tapi terkadang ada pihak yang bandel dengan mengcopy secara keseluruhan dan tidak mengatakan bahwa tulisan tersebut dapat diambil dari pihak lain, itu yang membuat buruknya informasi didapat dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Posts